Pengaruh Teknologi
Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis di Indonesia
Ditulis Oleh :
Vinni
Septiani Putri / 26217107
Universitas Gunadarma
Tahun Ajaran 2017/2018
Bagi dunia bisnis, saat ini telah
memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang sudah pesat. Penerapan teknologi
informasi sudah banyak diterapkan pada perusahaan perusahaan yang berskala
nasional maupun swasta. Penerapan teknologi dan informasi ini menyebabkan
perubahan dalam kebiasaan atau habit yang baru pada bidang bisnis. Seperti
pemanfaatan E-Commerce sebagai media perdagangan yang menggunakan media
internet yang saat ini tidak sulit untuk dijangkau oleh semua kalangan.
Pengaruh ini memberikan kemudahan dan
kelancaran dalam melakukan urusan bisnis meskipun rekan bisnis tersebut berada
di negara lain, hal in bisa diatasai dengan memanfaatkan video conference
maupun internet call yang bisa digunakan sewaktu waktu dan tidak memungut biaya
sedikit pun. Jejaring seperti ini hadir di semua industri global. Pengaruh ini
tidak hanya berdampak pada usahawan saja yang memiliki perusahaan, pengaruh
teknologi informasi ini juga memberikan dampak yang besar terhadap para
pegawainya. Dewasa ini para pegawai di perusahaan tidak perlu lagi mengirimkan
lembaran kerjanya secara manual dalam bentuk cetakan kertas, hanya perlu
memanfaatkan fasilitas email yang tersedia secara gratis sudah bisa mengirimkan
hasil laporan kerjanya tanpa harus terhalang oleh waktu dan tempat.
Pengaruh teknologi informasi secara
tidak langsung memberikan solusi yang dapat membantu urusan bisnis secara
ringkas dan tidak perlu lagi memakan biaya yang begitu besar. Seperti untuk
mengadakan rapat, kita saat ini tidak perlu lagi harus mengumpulkan orang satu
per satu, kita bisa memanfaatkan salah satu fitur yang berada pada handset
ponsel pintar untuk melakukan sebuah rapat yang fleksibel harus berada pada
suatu tempat dan juga mengeluarkan biaya yang terhitung tidak sedikit. Semakin
cepatnya perkembangan teknologi informasi saat ini menuntut manusia modern
untuk bertindak dengan cepat pula, apabila kita tidak bisa mengikuti gerak
cepat dari perkembangan teknologi informasi ini, kita bisa saja tertinggal jauh
dibelakang, dan dunia kerja maupun bisnis dewasa ini pun membutuhkan para
pegawai yang bisa menggunakan perangkat hardware maupun software untuk
mendukung segala aktivitas kerjanya.
Perkembangan teknologi informasi yang
semakin canggih dewasa ini merupakan bagian integral dari semua lapangan bisnis
dewasa ini. Tak ada satu pun dunia bisnis yang tidak terpengaru terhadap
pengaruh teknologi informasiyang cepat ini. Mau tidak mau para pelaku bisnis
harus bisa mengikuti laju dari perkembangan teknologi informasi yang serba
cepat ini jika tidak ingin dunia bisnisnya tertinggal jauh dengan para pelaku
bisnis yang lain.
Dampak Positif :
1.
Penurunan Biaya Produksi
Tentu saja hal ini tidak berlaku pada
segala jenis usaha, tetapi dalam bisnis yang bergerak pada bidang fabrikasi
atau perakitan, perkembangan teknologi sangatlah penting. Saat ini, teknologi
pengolahan bahan dan perangkat fabrikasi sudah sampai pada taraf yang sangat
tinggi dan hal itu pastinya akan meningkatkan kapasitas produksi. Hal ini akan
sangat menguntungkan bentuk usaha yang bergerak pada bidang-bidang yang memang
membutuhkan pengolahan bahan dan sistem fabrikasi yang cukup rumit seperti
misalnya pabrik handphone atau karoseri.
2.
Peningkatan Jangkauan Promosi
Salah
satu yang paling terasa dari pesatnya perkembangan teknologi, terutama di
sektor informasi, adalah cakupan promo yang semakin luas. Sepuluh atau duapuluh
tahun silam, mungkin branding menjadi tantangan yang sangat susah untuk
dihadapi dan membutuhkan pendanaan yang tidak sedikit, tetapi saat ini dengan
adanya internet, biaya promosi bisa sangat ditekan yang pada akhirnya akan
membuat harga barang ataupun jasa yang dipromosikan menjadi lebih murah. Dengan
membuat beberapa iklan online saja, atau bisa juga menggunakan website,
informasi dari produk atau jasa yang menjadi subjek promosi akan tersampaikan
ke kalayak ramai dengan mudah dan murah.
3.
Penurunan Modal Usaha
Beberapa
tahun silam sebelum ada e-comerce, untuk membuat sebuah usaha dagang atau
distribusi dibutuhkan modal yang cukup banyak. Namun semenjak mencuatnya era
toko online, saat ini kita bisa membuat sebuah Toko online bahkan tanpa mengeluarkan biaya
sepeser pun. Dengan bantuan situs yang memang bergerak dalam bidang pembayaran
dan transaksi dana via online seperti Halomoney.co.id dan situs lainya, bisnis
online saat ini berkembang pesat dan menjadi salah satu tulang punggung bisnis
Indonesia.
4.
Munculnya model bisnis baru yang biasa disebut dengan
e-business dan e-commerce
E–Business adalah sebuah bisnis yang dalam proses pengelolaan
dan transaksi bisnisnya menggunakan sistem jaringan internet. Sehingga tidak
memerlukan banyak tenaga kerja dan juga tidak menyita ruang dan waktu. Hal ini
menjadikan biaya bisnis dapat ditekan dan lebih efisien.
E–Commerce adalah sebuah model perdagangan yang dalam
transaksinya menggunakan sistem internet (online).
5.
Banyaknya minat dari berbagai perusahaan
Untuk memperluas
cakupan bisnisnya di dunia maya. Memunculkan lapangan kerja baru, yaitu jasa
pembuatan wesite dan layanan hosting.
6.
Adanya kemudahan dalam memulai sebuah bisnis (wira usaha)
Dengan
munculnya forum-forum jual beli dan media pertemanan. Karena promosi menjadi
lebih murah. Dan jaringan marketing lebih luas bahkan sampai luar negeri.
Dampak
Negatif :
1.
Dengan berlakunya sistem uang online ( ATM, Kartu Kredit,
dll)
Memunculkan modus
baru dalam pembobolan rekening nasabah Bank.
2.
Teknologi internet harus selalu didukung dengan listrik
Berhubung
teknologi internet harus selalu didukung dengan listrik, jika sewaktu-waktu
listrik padam, memungkinkan terjadinya miss-transaksi yang berpotensi merugikan
nasabah dan Bank sendiri.
3.
Dari segi keamanan
Data
bank yang telah berkomputerisasi sangat rentan sekali terhadap tindakan
peretasan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
4.
Isu SARA
Kekerasan
dan pornografi menjadi hal yang biasa yang terjadi pada Teknologi dan dunia
bisnis.
5.
Munculnya budaya plagiarisme atau penjiplakan hasil karya
orang lain
Tidak
sedikit sering kita temukan di dunia bisnis bahwa terdapat tiruan karya orang
lain yang digunakan untuk kepentingan bisnis diri sendiri agar mendapat
keuntungan seperti karya yang aslinya.
Kita juga pasti sudah menyadari itu semua. Dimana kita juga
sudah mulai merasakan dampak dari perkembangan tersebut.Tidak hanya memudahkan
namun perkembangan teknologi saat ini juga mampu memberikan peluang bagi kita
untuk memulai atau mengembangkan bisnis kita.
Dari forum-forum komunikasi tersebut
sering pula menimbulkan ide produk yang baru dan inovatif. Banyak fasilitas
aplikasi yang tersedia di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet,
WWW. Dari berbagai fasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak
dipakai para pemakai individual maupun profesiona atau bisnis.
Beberapa
alasan mengapa para profesional memanfaatkan WWW sebagai media bisnis:
·
Web dapat memantapkan kehadirannya di
dunia bisnis.
·
Web memberikan kesempatan bagi
perusahaan memasuki jaringan yang lebih global.
·
Web menyediakan informasi bisnis untuk
pelanggan dan masyarakat secara luas
· Web dapat memberikan pelayanan kepada
pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan
interaktif.
·
Web dapat meningkatkan minat masyarakat
terhadap produk maupun perusahaan.
·
Web menjadi sarana pemberitaan informasi
yang sensitif terhadap waktu
·
Web juga dapat dijadikan sarana menjual
produk atau tempat transaksi
·
Web dapat menyajikan informasi secara
interaktif dengan memanfaatkan Multimedia
·
Web mampu mencapai pasar ditinjau secara
demografi sesuai dengan yang diinginkan
· Web menjadi saran untuk tanya jawab
antara pelanggan dengan perusahaan atau sering disebut frequently asked
question (FAQ)
· Web dapat memberikan kesempatan kepada
pelanggan untuk melakukan kontak atau berkomunikasi dengan pramuniaganya secara
langsung
·
Web membuka kemungkinan bagi perusahaan
memasuki pasar internasional
·
Web dapat mensiptakan pelayanan 24 jam
·
Web memungkinkan melakukan perubahan
informasi yang tersedia dengan cepat
· Web akan memberikan kesempatan pelanggan
untuk memberikan umpan balik kepada perusahaan
·
Web dapat dijadikan ajang uji coba
terhadap produk dan jasa yang ditawar kan
·
Web dapat dijadikan saran media
informasi, publikasi perusahaan dan promosi. Web dapat mencapai pasar yang
terspesilisasi
·
Web juga dapat digunakan untuk
memberikan pelayanan kepada pasar lokal
Dengan
melihat manfaat yang dapat diperoleh seperti yang telah disebutkan di atas, perusahaan dapat melakukan
kegiatan-kegiatan untuk memantapkan bisnisnya dengan cara:
Ø Katalog
online secara elektronis
Ø Komunikasi
satu-satu dengan pelanggan
Ø Mendukung
penjualan
Ø Dukungan
purna jual produk atau jasa
Ø Mempertajam
kehadiran perusahaan
Ø Iklan
produk dan jasa
Ø Penelusuran
order pelanggan
Ø Pendukung
penelitian konsumen
Ø Rekruitmen
tenaga kerja
Ø Transaksi
secara elektronis
Ø Publikasi
secara online
Ø Penyaluran
barang atau distribusi
Ø Meningkatkan
dana investasi
Ø Sumber
bisnis dan jaringan pribadi
Ø Komunikasi
bisnis dengan cara menyediakan tenaga pramuniaga secara online, komunikasi
antar kantor, komunikasi jarak jauh dengan suara, konferensi melalui video.
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan
bahwa banyak sekali manfaat internet diantara nya sebagai media bisnis. Banyak
informasi – informasi yang berhubungan dengan dunia bisnis bisa di dapat di
internet. Diantaranya sebagai sarana rekruitmen tenaga kerja dan penyedian
lowongan kerja. Banyak pengusaha-pengusaha yang memanfaatkan media ini untuk
prekrutan tenaga kerja di perusahaannya.
Sejalan dengan meningkatnya peranan
informasi dalam bisnis maupun teknologi, akses terhadap sumber dan jaringan
informasi menjadi semakin penting bagi para pengusaha. Internet adalah jaringan
informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini
dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah
seharusnya para pengusaha mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui
jaringan ini.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar